Terwujud Sekolah Yang Mandiri, Bertaqwa, Berpengetahuan, Berbudaya dan Berbudi Pekerti Luhur

Ekstrakurikuler Jurnalis

20 Januari 2017
12:46:18 WIB

EKSTRAKULIKULER JURNALIS

 

Ekskul Jurnalistik diadakan di luar jam belajar sesuai kurikulum standar.  Kegiatan ekstrakurikuler Jurnalistik ditujukan agar siswa dapat mengembangkan kepribadian, bakat, dan kemampuannya di berbagai bidang di luar bidang akademik. Kegiatan ini diadakan secara swadaya dari pihak sekolah maupun siswa-siswi itu sendiri untuk merintis kegiatan di luar jam pelajaran sekolah.

 

Ekstrakulikuler Jurnalis di SMA NEGERI 1 KALIREJO ini dibina oleh R.DWI KURNIANTO,S.Kom dengan pimpinan redaksi NUR AMALIA SHOLEHA, koordinator lapangan DESTA VERANTIKA, photographer SRI HARTATI, editor OKTAVIA HASWATI dan reporter Hisam A.F,  Indah Ariesty L, Putri Evauzi, Afreza Wulandari,  Risa Wulandari,  Devi Nathasia, Ludfi Shofiatul Alia,Oktaviani, Resti, Sisfani. Eksrakulikuler Jurnalis dilaksanakan setiap hari Jum’at di lantai 2 Lab.Multimedia SMA Negeri Kalirejo sepulang sekolah. Jurnalis memiliki visi dan misi yakni sebagai berikut

 

Visi :

1.      Meningkatkan pengetahuan jurnalistik yang berdasarkan iman dan takwa

2.      Membentuk karakter seorang jurnalis profesional

3.      Mewujudkan ekstrakurikuler yang dapat menambah wawasan baru di bidang   jurnalistik yang meliputi kegiatan liputan, reportase, fotografi, desain layout dan lainnya.

 

Misi:

1.      Mencetak jurnalis sekolah yang kompeten dan berprestasi di bidang khusus

2.      Menjadikan ekskul jurnalistik sebagai wadah penyebaran ilmu pengetahuan sekaligus jalan dakwah kebenaran sesuai dengan kode etik jurnalistik

3.      Menyiapkan kemampuan jurnalistik siswa sebagai bekal hidup di lingkungan sekolah maupun masyarakat.

 

SMA NEGERI 1 KALIREJO telah lama memiliki ekstrakulikuler ini dengan bukti,  sampai periode tahun ajaran 2015/2016 berhasil menerbitkan majalah BANGKIT EDISI 8. Di samping itu, ekskul jurnalistik dapat menjadi life skill baik sekarang maupun setelah lulus dari sekolah. Dengan mengikuti ekskul jurnalistik siswa dapat belajar menulis, setelah itu hasil tulisannya dapat dikirimkan ke berbagai media. Setelah dimuat di media massa, anak bisa merasakan hasil jerih payahnya. Dan ternyata, hal ini bisa dilakukan banyak pelajar, bahkan ada yang mampu menerbitkan kumpulan puisi maupun cerpen dalam bentuk buku. Sedangkan manfaat setelah lulus, jikalau meneruskan ke perguruan tinggi, ekskul jurnalistik dapat membantu tugas dalam menyusun karya ilmiah.

 

Tidak hanya itu dengan jurnalistik dapat membantu anak dalam memahami mata pelajaran yang ada di sekolah, khususnya dalam mata pelajaran bahasa (Indonesia, Jawa, Inggris, Arab, dan lain-lain). Dengan menulis siswa dengan mudah memahami sekaligus mempraktekkan langsung teori-teori menulis dalam pelajaran bahasa tersebut.Di samping mengajari menulis, ekskul jurnalistik melatih anak tampil lebih berani. Karena diantara materi jurnalistik adalah hunting (memburu) berita. Dalam mencari berita, anak harus berani wawancara dengan narasumber dari berbagai kegiatan, mulai dari kelas, pembina ekskul lain atau pun anggota ekskulnya  sampai kepala sekolah. Di sisi lain, ekskul jurnalistik juga mengajari anak agar lebih kritis terhadap apa yang terjadi di lingkungan. Dengan kata lain anak akan tanggap apa yang terjadi disekitarnya kemudian direfleksikan dalam bentuk tulisan.

 

Share



2 Komentar

    MADU PENYUBUR 25 Januari 2017

    Saya salut dengan informasi yang ada di dalam website ini karena banyak sekali yang membaca artikel ini. MADU PENYUBUR

    1 12 September 2017

    1

    Awal 1 Akhir

Form Komentar

Artikel Terpopuler

Berita Terpopuler

UPACARA BENDERA   Pagi ini seperti senin-senin
MOTO PASKIBRA Paskibra Tidak Terlatih, Tapi Selalu

Video Terpopuler

Pentas Seni SMA Negeri 1 Kalirejo 2015 -
GANGNAM STYLE versi PASKIBRA SMA N 1 Kalirejo Lampung Tengah

Facebook Fanpage

Link Website